Kbetulan kmaren baru dibeliin kelinci sama ponakan ku,,
(haha terbalik ya, kok ponakan yg beliin ke om'a,,)
kbetulan juga ku ga tau nie cara rawat'a, akhir'a jalan2 aja deh sama om google,, ^_^
karna banyak dapet masukan aku buat deh rangkuman'a,,
mudah2an bisa berguna juga buat yang lain'a,,

Sedikit info tentang kelinci (kali aja ada yang belom tau apa sie kelinci,, :P)
Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Angora, miniLop, Dutch, Giant, lyion dan lain-lain. Khusus lyion sebenarnya adalah silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain, namun dikalangan peternak kelinci hias disebut sebagai lyion atau angora jadi-jadian.

dan ini tips perawatan'a:

Untuk Kandang
  • Harus selalu bersih pastinya
  • Tidak lembab dan terjaga dari hujan dan panas matahari
  • Usahakan lantai kandang berlubang agar kotoran si kelinci langsung jatuh, tidak terinjak-injak karna dapat menimbulkan berbagai penyakit.
  • Kelinci dalam kandang disesuaikan dengan luas kandang karena kandang yang sempit dengan kapasitas kelinci yang banyak sehingga terbatasnya ruang gerak kelinci dapat menimbulkan stres untuk kelinci dan biasanya kalau strees timbul penyakit yang ujungnya kematian. (stres'a bukan karena mikirin keuangan ya,,)
  • Minimal ukuran 1 kelinci 50 x 50 cm.
  • Buatkan tempat makanan tersendiri agak tinggi agar tidak terinjak-injak. (demen banget injek-injekan kayak'a nie kelinci,, hehe,, :P)

Untuk Makanan
  • Bisa dari hijau-hijauan, misalnya : rumput lapangan atau kangkung dan sayur mayur yang lain.
  • Pastikan harus dalam keadaan layu dan tidak busuk (jangan diberikan langsung dari lemari es). Proses pelayuan berguna untuk mempertinggi kadar serat kasar,juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang dan mencret(kecuali kelinci anda makan tumbuh-tumbuhan dari alam bebas)
  • Untuk pakan tambahan (konsentrat) bisa anda berikan pelet khusus kelinci (misal jenis kelinci hias) atau bisa juga diberikan bekatul yang dicampur dengan sayuran dan ampas tahu diberi air sedikit-diaduk

Untuk tips tambahan
  • Sebaiknya kelinci dilepas di halaman, biarkan mereka bermain dengan sambil melahap makanan mereka, dan dimasukkan kembali ke dalam kandang pada sore hari.
  • Jangan kebanyakan dipegang2 atau digendong2. Itu kan kelinci hidup, bukan boneka. Kalo mau digendong2 mending beli boneka aja atau gendong anak tetangga. hehe,,

Nah gimana niat melihara kelinci juga? lucu, imut, jinak, pemeliharaan'a juga ga susah2 amat kan,,
Kenapa??? ga punya uang? hadoohh murah kok, beli aja yang di pinggiran jalan tuh,, kl ga minta aja ke keponakan haha,, kayak aku nie,, :P

ditunggu komentarnya,, ^^,

Post a Comment Blogger

Best regards,
orange.net
Bekasi (Harapan Baru I, Jl.Srikaya Raya)
jakarta (Kp.sumur, Gg.Sengon)
(021)91457534, (021)8848652
surat_orangenet@ymail.com
http://www.orangenet-on.blogspot.com
 
Top