Kerja dan stres terkadang tak bisa dipisahkan. Merasakan stres saat bekerja juga merupakan hal yang wajar. Namun jangan sampai stres itu menjadi berlebihan dan menganggu kondisi psikologis Anda.

Berikut beberapa kiat agar rasa stres bisa tetap terkontrol.


Temukan sumber stres
Anda stres karena pekerjaan menumpuk, atau kurang waktu bersama keluarga? Temukanlah dengan cepat apa yang menjadi sumber stres. Jika pekerjaan terlalu banyak, Anda bisa membuat daftar prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Membuat jadwal juga bisa membuat manajemen waktu Anda lebih baik, sehingga pekerjaan tidak menumpuk. Jika memang Anda sudah merasa terlalu letih, tak ada salahnya untuk mengambil cuti sejenak dan mengistirahatkan otak dan fisik Anda.

Ubah gaya hidup
Sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa gaya hidup yang sehat dapat mengurangi stres. Sempatkan diri untuk berolahraga di sela-sela kesibukan. Makanlah makanan yang bergizi. Kurangi kebiasaan minum alkohol atau merokok, karena dua hal tadi membuat stres Anda semakin parah.

Tidur cukup
Kurang tidur dapat memperparah tingkat stres. Pastikan waktu tidur Anda mencapai 5-6 jam sehari. Saat tidur cukup, badan akan menjadi segar, otak pun kembali prima. Anda juga siap menjalani berbagai tantangan dalam pekerjaan.

Berbicara pada atasan
Jika memang jumlah pekerjaan dan tanggung jawab Anda sudah tak masuk akal dan berlebihan, ada baiknya untuk membicarakan hal ini pada atasan. Mungkin atasan bisa memberi jalan keluar, misalnya mendelegasikan sebagian tugas ke rekan kerja yang lain. Jangan sampai beban kerja yang berlebihan membuat Anda sakit baik dari segi fisik maupun mental.

Analisa jenis pekerjaan
Jika semua hal di atas sudah dilakukan namun Anda masih mengalami stres berat, coba analisa kemauan sserta kemampuan Anda. Mungkin saja bidang kerja yang selama ini Anda lakukan bukan profesi yang cocok dengan kemauan dan kemampuan Anda. Konsultasikan juga hal ini dengan bagian personalia di kantor. Mungkin saja Anda bisa ditempatkan di bidang lain yang lebih sesuai.

Semoga sukses!

Sumber: http://id.she.yahoo.com/agar-stres-tak-menganggu-kerja.html
ditunggu komentarnya,, ^^,

Post a Comment Blogger

Best regards,
orange.net
Bekasi (Harapan Baru I, Jl.Srikaya Raya)
jakarta (Kp.sumur, Gg.Sengon)
(021)91457534, (021)8848652
surat_orangenet@ymail.com
http://www.orangenet-on.blogspot.com
 
Top