Rambut keriting punya ragam macam-macam. Rambut jenis ini bercampur antara keriting besar, keriting ikal sampai keriting yang sangat melingkar seperti sosis. Karena beragam jenis itulah, rambut keriting memiliki banyak masalah sebab setiap orang punya pola keriting yang berbeda-beda.

Seperti rambut kebanyakan, rambut keriting juga bisa bertekstur sangat baik, sedang, atau tebal dan kasar.

Menurut YouBeauty, para ahli belum mengetahui jelas mengapa ada banyak tipe rambut. Tapi yang pasti, bentuk kantong rambut (Anda yang berambut keriting, memiliki kantong rambut yang keriting juga) dan protein rambut (keratin) yang ada di pangkal rambut akan memengaruhi tipe rambut Anda. Semua tipe rambut akan tumbuh melintir, apapun tipe rambut Anda. Rambut akan semakin keriting jika jumlah untirannya semakin banyak.


Jaga kelembapan
Para pemilik rambut keriting sangat dianjurkan untuk menjaga kelembapan rambutnya. Agar rambut keriting lebih halus dan lembut gunakan perawatan deep conditioning dua kali sebulan. Jika rambut Anda kering, jangan terlalu sering berkeramas – usahakan hanya dua kali seminggu.

Hati-hati Mengeringkan

Anda harus berhati-hati menangani rambut keriting. Hindari penggunaan handuk yang terlalu kasar saat mengeringkan rambut atau membungkus rambut Anda dengan handuk untuk menyerap air sisa keramas.  

“Rambut keriting harus dikeringkan dengan perlahan, tapi jika jadwal Anda terlalu padat untuk itu, usapkan handuk dengan halus dan pastikan rambut Anda tidak berantakan saat diusap,” saran penata rambut selebritas Kristan Serafino. “Jika rambut keriting disentuh dengan kasar  atau parahnya disisir  akan menyebabkan rambut keriting natural Anda malah kusut.”

Mengutip Conectique, sebaiknya keringkan rambut dengan jari tangan, dengan atau tanpa kipas angin. Hasilnya akan membuat rambut menjadi lebih teratur dan lentur.


Jangan sentuh
Saat menggunakan produk seperti krim penambah keriting, gel atau mousse, ikutilah pola keriting rambut Anda, putarkan dari bagian tengah ke bagian ujung rambut, saran Serafino. “Saat rambut sudah kering, maka Anda baru boleh mengoleskan serum silikon pada ujung rambut untuk melembutkan pola keritingnya dan membuatnya lebih berkilau,” tambahnya.


Setelah ditata, jangan sentuh lagi rambut Anda karena semakin Anda “memainkannya”, rambut Anda malah akan bertambah kusut. 


Sumber: http://id.promotion.yahoo.com/stylefactor/artikel/post/stylefeatures/163/cara-merawat-rambut-keriting-tanpa-pusing.html


ditunggu komentarnya,, ^^,

Post a Comment Blogger

Best regards,
orange.net
Bekasi (Harapan Baru I, Jl.Srikaya Raya)
jakarta (Kp.sumur, Gg.Sengon)
(021)91457534, (021)8848652
surat_orangenet@ymail.com
http://www.orangenet-on.blogspot.com
 
Top